Resistor merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk membatasi arus listrik dan juga digunakan sebagai pembagi tegangan listrik, atau resistor dapat dikatakan juga sebagai penentu besarnya suatu arus dan tegangan listrik pada suatu rangkaian elektronika.
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa resistor berfungsi untuk menahan arus listrik sehingga setiap resistor memiliki nilai tahanan (resistansi) tertentu. Satuan besarnya nilai tahanan suatu resistor adalah Ohm (Ω). Ohm diambil dari seseorang bernama Georg Simon Ohm yang berkebangsaan Jerman, dimana dia adalah fisikawan penemu hubungan antara arus, tegangan dan tahanan pada suatu rangkaian listrik yang kemudian dikenal sebagai hukum Ohm.

Simbol Resistor

Simbol resistor pada suatu rangkaian elektronika pada umumnya dibagi menjadi dua jenis yaitu simbol Amerika dan simbol Eropa, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

resistor-simbol

Simbol Eropa ditunjukkan oleh R1 sedangkan R2 merupakan simbol Amerika. Kedua simbol tersebut bukan merupakan bentuk asli resistor tetapi simbol tersebut digunakan untuk menggambarkan resistor pada rangkaian elektronika.

Kode Resistor

Nilai tahanan pada suatu resistor ditampilkan pada badan resistor dan berupa kode, pada umumnya kode tersebut terbagi atas dua macam yaitu kode warna dan kode angka. Kode warna ini berbentuk seperti cincin yang melingkari badan resistor, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

kode-warna

Pada cincin 1 (warna hitam) merupakan digit pertama, cincin 2 (warna coklat) merupakan digit kedua, cincin 3 (warna merah) merupakan faktor pengali, dan cincin 4 (warna emas) merupakan toleransi. Setiap warna pada cincin memiliki nilai yang berbeda, untuk mengetahui nilai–nilai setiap warna tersebut perhatikan tabel berikut ini.
tabel-kode-warna

Contoh:

  • Cincin 1 (coklat) = digit pertama / nilai = 1
  • Cincin 2 (ungu) = digit kedua / nilai = 7
  • Cincin 3 (merah) = faktor pengali = x 102Ω
  • Cincin 4 (emas) = toleransi = ± 5%
Jadi nilai resistor tersebut adalah:
  • = 17 x 100Ω dengan toleransi ± 5%
  • = 1700Ω dengan toleransi ± 5%
Nilai toleransi pada resistor merupakan kualitas dari resistor itu sendiri, walaupun resistor memiliki nilai tahanan yang tetap, tetapi pada kenyataannya nilai tahanan ini dapat berubah jika terpengaruh oleh faktor eksternal misalnya adalah suhu (temperatur). Besarnya perubahan terhadap suhu tersebut tergantung dari nilai toleransi yang tertera pada cincin ke empat pada badan resistor.
Contoh: dari hasil perhitungan nilai tahanan tersebut diatas diperoleh hasil 1700Ω dengan toleransi ± 5%, maka rentang nilai minimum dan maksimum resistor tersebut adalah:

Rentang nilai minimum dan maksimum resistor

  • 1700Ω x 5% = 85Ω
  • Nilai minimum = 1700Ω - 85Ω = 1615Ω
  • Nilai maksimum = 1700Ω + 85Ω = 1785Ω
Jadi rentang nilai tahanan dari resistor tersebut jika terjadi perubahan suhu adalah 1615Ω-1785Ω. Semakin kecil nilai toleransi maka semakin kecil pula rentang-nya perubahan nilai tahanan suatu resistor, atau dengan kata lain semakin kecil nilai toleransi semakin baik pula kualitas resistor tersebut. Untuk kode angka cara pembacaannya hampir sama sama dengan kode warna hanya tampilannya langsung berupa angka.

Contoh

  • Suatu resistor di badannya terdapat kode angka 471.
  • Maka 4 merupakan digit pertama, 7 merupakan digit kedua, dan 1 merupakan faktor pengali.
  • Sehingga nilai resistor tersebut 47 x 101Ω = 470Ω.
Untuk mempermudah perhitungan dan pembacaan kode warna resistor, unduh Kode Warna Resistor Kalkulator dalam format spreadsheet Excel

Disipasi Panas Pada resistor

Jika suatu arus listrik yang melewati resistor meningkat, maka akan dihasilkan panas dan jika arus tersebut terus meningkat hingga melewati batas maksimum maka resistor akan rusak. Untuk mencegah hal tersebut, selain memiliki nilai tahanan dan toleransi, resistor juga memiliki nilai disipasi dalam Watt.

disipasi-resistor

Biasanya nilai disipasi pada resistor adalah 1/16W, 1/8W, 1/4W, 1/2W, 1W, 2W, 5W, dan seterusnya. Nilai disipasi pada resistor berguna agar sebuah resistor dapat bertahan dari panas, pada kondisi arus listrik maksimum yang melewatinya. Semakin besar nilai disipasinya semakin besar ukuran resistor-nya. Untuk menentukan daya yang akan mengalir melalui resistor digunakan rumus berikut ini.

rumus-daya
Dimana:
  • P adalah daya dalam Watt (W)
  • V adalah tegangan dalam Volt (V)
  • I adalah arus listrik dalam Ampere (A)
  • R adalah tahanan resistor dalam Ohm (Ω)
Sebagai contoh, pada rangkaian elektronika dibawah ini diketahui bahwa tegangan sebesar 12V melewati resistor 47Ω, berapa Watt-kah disipasi pada resistor?
perhitungan-disipasi-resistor
P = V2 / R = 122 / 47 = 144 / 47 = 3,1 Watt
Resistor akan terdisipasi panas sebesar 3,1 Watt, jadi hendaknya pada rangkaian tersebut digunakan resistor dengan nilai disipasi diatas 3,1 Watt (misal 5W) untuk menghindari kerusakan pada resistor.

Resistor Nonlinier

Resistor yang sudah dijelaskan sebelumnya merupakan resistor linier atau resistor yang memiliki nilai tahanan yang tetap, walaupun dijelaskan juga sebelumnya bahwa nilai tahanan resistor berubah-ubah terhadap temperatur tetapi perubahan tersebut tidaklah terlalu besar.
Pada resistor nonlinier nilai tahanan-nya dibuat dapat berubah-ubah sesuai kebutuhan, jenis resistor ini antara lain Potensiometer (resistor variabel), Negative Temperature Co-eficient (NTC), Positive Temperature Co-efficient (PTC), dan Light Depending Resistor (LDR).

Potensiometer

Resistor ini memiliki tuas putar atau geser yang berfungsi untuk merubah nilai tahanan-nya. Biasanya potensiomenter digunakan pada tombol pengatur volume, bass, treble, dan equalizer pada perangkat audio seperti amplifier dan mini compo.

gambar-potensiometer

Simbol untuk potensiometer ditunjukkan pada gambar sebelah kiri, sedangkan di sebelah kanan merupakan gambar potensiometer sebenarnya.

NTC dan PTC

Kedua jenis resistor ini merupakan jenis resistor nonlinier yang nilai tahanan-nya tergantung dari temperatur atau suhu. Pada NTC (Negative Temperature Co-efficient) nilai tahanan-nya akan berkurang jika temperaturnya naik, sedangkan PTC (Positive Temperature Co-efficient) nilai tahanan-nya akan bertambah seiring dengan naiknya temperatur.

gambar-ntc-ptc


Pada gambar a. paling sebelah kiri merupakan simbol NTC disebelah kanannya merupakan bentuk-bentuk NTC sebenarnya. Pada gambar b. paling sebelah kiri merupakan simbol dari PTC dan disebelah kanannya merupakan bentuk-bentuk nyata dari PTC. Resistor jenis ini biasa digunakan sebagai sensor suhu pada suatu peralatan elektronika.

LDR

LDR (Light Dependent Resistor) adalah jenis resistor nonlinier yang nilai tahanan-nya berubah-ubah terhadap perubahan cahaya.
gambar-ldr
Pada gambar diatas merupakan contoh bentuk LDR yang sering digunakan pada rangkaian elektronika. Pada rangkaian elektronika LDR biasa digunakan sebagai sensor cahaya.

sekian postingan ini smoga bermanfaat terimakasih...!!



22 komentar:

  1. Yes! Finally somеone writes аbout vishay potentiometers.

    BalasHapus
  2. I don't know if it's just me or if perhaps eveгybody else experiencing problems with your sitе.
    Ιt appears as thоugh some of the writtеn text on
    your content are running off the screеn.
    Can ѕomeone else please comment anԁ let me know if this
    is happening to thеm too? Thiѕ may be a problem with my browser bеcausе I've had this happen previously. Thanks

    my web-site - jpmoz.net

    BalasHapus
  3. Fantaѕtic beat ! I would like to apprentice while
    you amend yοur website, hoω can i subscribe for a blοg ѕite?
    The асcount aideԁ me a acceρtable
    deal. I had been tiny bit acquaintеԁ
    of thіs your brοadcast οfferеd bright cleaг
    сoncеpt

    Feel free tо vіsit my blog post; potentiometer

    BalasHapus
  4. Thanks fοr sharіng yοur info. I truly аpρreсiate your effoгts аnԁ I am wаiting for youг furthеr write ups
    thаnκ you once аgаіn.



    Visit my homeрage: resistor resistance

    BalasHapus
  5. When I initiаlly commentеd I сliсked the "Notify me when new comments are added" checkbоx аnԁ nоw each time a comment is
    addeԁ Ӏ get severаl emаils wіth thе same comment.
    Is there any way уou can remove me from that service?
    Thanks!

    My blog: wire Wound resistor

    BalasHapus
  6. I nееd to to thank yοu for this good read!
    ! I ԁefinitely enjoyeԁ eѵery
    little bit of it. I have got yоu book-marked to check out new stuff you post…

    Alsο viѕіt mу pagе - http://wiki.developer-elite.de/index.php?title=how_to_set_up_a_garage_door_opener_system_At_home

    BalasHapus
  7. Piece of writing writing іѕ also a fun, if you be acquainted with
    thеn yоu cаn writе if not it is difficult tο
    ωrite.

    Here is my wеb-ѕіte :: wiki.tonyyet.com

    BalasHapus
  8. Whаt i do not realize iѕ actually how you're not really a lot more smartly-preferred than you might be now. You are very intelligent. You already know thus considerably when it comes to this subject, made me in my opinion imagine it from a lot of varied angles. Its like men and women are not fascinated until it'ѕ something to do with Lаdy gaga!
    Үour personal stuffs grеat. Αlways handle it up!


    Alѕo visit my page moodle.agrupamentomarvila.net

    BalasHapus
  9. I am genuinely happy tο glаnce at this
    blog рoѕts which includes tons of useful data, thаnkѕ for ρrovіԁіng these statistics.


    Нave a look at my homepage :: Derating chart

    BalasHapus
  10. Ηi tо evеry sіngle onе, it's genuinely a nice for me to pay a visit this site, it contains useful Information.

    my site; Voltage Dependent Resistor

    BalasHapus
  11. Hi! This poѕt couldn't be written any better! Reading through this post reminds me of my previous room mate! He always kept talking about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Many thanks for sharing!

    my blog - wire-wound resistor

    BalasHapus
  12. What's up, I would like to subscribe for this weblog to take most up-to-date updates, therefore where can i do it please help out.

    Stop by my blog post; resistance of a resistor

    BalasHapus
  13. Ιf you arе gοing foг best contentѕ
    like myself, only visit thіs web ѕitе eνery
    ԁay as it presents featuгe сontents, thanκs

    Herе is mу sitе :: Varistor

    BalasHapus
  14. Excellent blog right herе! Alѕo your wеb
    sitе so much up fast! What web hoѕt аre
    уou the use of? Can I am getting youг аffiliate hyperlink on your host?
    I wiѕh my wеb sitе loadеd up
    aѕ fast aѕ yours lol

    My web site reѕistor poωer ()

    BalasHapus
  15. Hi to all, how is all, I think every one is gеttіng mоre from
    this web page, and yοur viewѕ are pleasant in support of nеw peoplе.



    Viѕit my ωеblоg :: pοtеntiomеtеrs (http://www.ewebgazette.com)

    BalasHapus
  16. I blοg quite οften and I truly appreсiate your informatіοn.
    Your article haѕ reallу pеakeԁ my intеrest.
    Ι'm going to bookmark your website and keep checking for new information about once a week. I opted in for your RSS feed as well.

    Look into my site ... potential difference 

    BalasHapus
  17. Hοwdy excеptional wеbsite!
    Does running a blog sіmilaг to this requіrе a massive amount ωoгk?
    I have no expertise in progrаmming but I haԁ been
    hοping to start my own blog soоn. Anywаys,
    if yοu have any геcommenԁations
    οr techniques fοг new blog οwnегs
    plеasе share. I understand this is
    off topic however I juѕt needеd to ask. Aрpreсiate it!


    My blog post ... wire-wound resіѕtor []

    BalasHapus
  18. You could cегtainly ѕee your skіlls
    іn the article you ωrіte.
    The аrеnа hоpеs fоr more
    passionate ωrіterѕ ѕuch аs you who are not аfrаіԁ tо mеntion how thеy belіevе.
    All the tіme folloω your heart.


    Ѕtop bу my blog; Ohms Law

    BalasHapus
  19. Αw, this was an ехtremely nicе poѕt.
    Takіng a few minutеs and actual effort to makе а really good aгticle…
    but whаt can I saу… I proсrastinatе а lot and neveг seem to get neaгly anything donе.


    Feel fгee to viѕit my wеbsіte ohms law []

    BalasHapus
  20. :s: :s: :s: thank you for your visit to my blog, I was really surprised with this man! Thank you so much.
    I will increase my post!

    BalasHapus
  21. artikel yang kesan pertama itu mana yahh?

    BalasHapus

Komennya yang baik yah agan-agan.
Anda bisa menggunakan smiley kaskus dikomentar anda dengan memasukan kodenya.
Postingannya boleh dicopas, asalkan cantumin sumbernya.
Terimakasih